Sep 11, 2008

Let’s take Green Action On Our School Or Campus!




(Saat Momen dirgahayu Indonesia)

Kita pasti sudah sering mendengar dan tahu bahwa saat ini kondisi udara di bumi yang semakin mengkhawatirkan ini. Keadaan ini tentunya berdampak pada semua penduduk dan makhluk hidup yang ada di bumi. Kita sebagai penghuni tetap di bumi ini, sudah selayaknya untuk terus berusaha mencegah dampak negatif tersebut dan memperbaiki ke arah kondisi yang lebih baik. Apalagi bangsa kita udah mengalami kemerdekaan selama 63 tahun lamanya. Bangsa yang besar, bukan hanya bangsa yang mencintai sejarah bangsanya, tetapi juga mencintai bangsanya dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Ditambah lagi, kalau sekolah kamu-kamu mengadakan lomba kebersihan antarkelas, pasti Green Action (Aksi menghijaukan/melestarikan) ini terasa penting banget untuk diindahkan. Mau tahu apa aja yach yang kudu’ kita lakuin? Simak aja yuuukkk…..
>> Jaga Kebersihan Sekolah/Kampus
Saat duduk santai di kantin, apa kita tidak merasa risih melihat sampah yang berserakan? Walaupun kita berkelit bahwa itu tugas penjaga kebersihan, tapi masa sih buang sampah, tisu, puntung rokok pada tempatnya aja jadi segitu beratnya? Yuk, kita mulai dari diri sendiri dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
>> Private Smoking Area
Mungkin sekolah atau kampus kita tidak memilih fasilitas smoking area. Tapi, bukan berarti bisa merokok sembarangan. Coba bisaakan merokok atau bilang ke teman kita yang perokok untuk merokok di tempat-tempat khusus. Tapi, sebaiknya kita nggak merokok, demi menjaga kesehatan kita.
>> Maksimalkan Fasilitas Kebersihan
Saat ini sudah banyak tempat-tempat sampah yang dibedakan tempat pembuangannya berdasarkan jenis sampah. Ada sampah organik (sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Maksimalkanlah fasilitas itu dengan menaatinya. Selain membantu lingkungan, kita juga membantu petugas kebersihan dan mempercepat proses pemilihan sampah yang terkumpul.
>> Put A Sign On ‘It’
Ajaklah beberapa teman kita untuk membuat papan himbauan dengan desain yang menarik. Misalnya, jangan buang sampah sembarangan, matikan lampu jika tidak terpakai, pakai air seperlunya. Tempel imbauan-imbauan itu di tempat-tempat yang strategis.
>> Bike To School/Campus
Untuk yang tinggal dekat dengan kampus atau kost, kamu bisa berkontribusi dengan menyukseskan program “bike to school/campus” atau program “Relax Jogging”. Istirahatkan mobil dan motor kamu dan mulailah bersepeda menuju sekolah atau kampus kamu. Selain membuat lebih sehat, kita tentu saja bisa mengurangi polusi dan yang lebih penting tentunya, bisa menghemat uang saku kita (Yuli_SupeL).

No comments:

Send Your Message To My EmaiL....

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):