Sep 11, 2008

Bohong, tuCh!



Cowok suka bohong? Hmm, rasanya ingin mencap kaum Adam ini dengan sebutan semacam itu. Apalagi mengingat pengalaman, ya. Tapi, sebagai cewek pintar, kita harus berpikiran terbuka dan menerima bahwa tiap orang adalah individu yang berbeda. Jadi, belum tentu semua cowok adalah tukang tipu. Lagipula kebiasaan bohong memang bisa dilakukan siapa saja, baik cowok ataupun cewek. Cuma Tim Supel penasaran, hal apa sih yang sering jadi alasan kebohongan kaum Adam? Apakah hal sepele atau justru sesuatu yang tidak kita sangka sama sekali?

Di bawah ini, komen2 para kaum Adam mengenai statement bahwa, “Cowok itu suka bohong apa nggak sich?”. Kita simak sama2 yuukk....!

Nama : Aziz
SchooL : SMPN 19 Palu
Komen : Saya nggak punya pacar sih. Jadi nggak pernah bohongin cewek (spesialku), hehehe.... Kalau yang saya denger, temen-temen cowokku sering bohong sama pacarnya kalau kumpul bareng gank-nya. Biasanya saya disuruh ikutan bohong dan bilang ke cewek mereka kalau mereka lagi belajar kelompok juga. Padahal sih maunya nongkrong, tuh! Tapi, karena keseringan bohong, jadinya pernah ketahuan dan bikin mereka berantem.

Nama : Fahruddin
KuL : FKIP UNTAD
KomeN: Jika saya ada statement bahwa, cowok itu ‘lebih’ tukang bohong dari pada cewek, saya memang percaya dan itu benar. Tapi... dalam kenyataan keseharian sejak dahulu telah berubah sejak beberapa dekade tahun ini. Karena berbalik dari masa lalu, menurut hasil penelitian (survey) seorang wanita yang memiliki gelar Dr. (doktor, red), baru-baru ini ditemukan atau diketahui bahwa ada persentase senilai 90% dari seluruh wanita di dunia yang suka berbohong. Tahu nggak alasan apa yang menyebabkan cowok suka bohong sama cewek? Menurut saya, karena keberadaan dan tingkah laku cewek itu sendiri, yang lebih dahulu/suka membohongi cowoknya. Buktinya jelas, kalau ternyata banyak cewek yang suka melakukan perselingkuhan dengan cowok lain (bukan kekasih/suaminya). So, nggak selamanya khan, cowok yang selalu berbohong. Apalagi selalu dicap penipu, jelas nggak adil khan?

Nama : Moh. Andri
KuL : MIPA UNTAD
Komen : Dalam setiap hal percintaan remaja, pria dan wanita memang berhak menilai pasangannya. Mungkin selama ini, kita temukan seorang wanita yang terus-terusan dikhianati atau dibohongi oleh cowoknya sendiri. Maka dari itu, mengapa kebanyakan cowk dianggap sering berbohong dari pada cewek. Saya sih, nggak elakkan opini cewek itu, bahkan mengakuinya. Tapi, ingat tergantung dari cewek itu sendiri, apakah selama ini dia mendapatkan cowok yang setia sama dia atau nggak. Jadi intinya nggak selamanya n nggak semua cowok itu pembohong, hanya sebagian besar aja! Semua itu kembali ke diri kita masing2 untuk menilai dari kejujuran seseorang.

Nama : Nurwahidin
KuL : FKIP UNTAD
Komen : Menurutku, setiap cowok nggak semuanya suka bo’ong, faktor pertama tergantung kepribadiannya. Ada loch orang yang dasarnya suka bohong dan ada juga cowok yang nggak suka bohong. Akan tetapi, mengenai kebiasaan cowok yang suka bohong ituw memang benar. Hanya saja, kita harus menilai penyebab dari munculnya kebohongan cowok tersebut. Artinya, lihat masalah apa dulu? (ini faktor pemicu kedua). Kalau masalah cewek biasa sih, karena banyak loch cewek-cewek yang suka janji tapi diingkari, meskipun banyak juga cewek yang setia, jujur n baik hati. Namun, dalam kenyataannya, banyak cowok yang sudah terlalu banyak sakitin perasaan cewek, jadi para kaum cowok sudah kena cap ‘suka bohong’ dech. Jadi, nggak menutup kemungkinan, kalau ada cowok atau cewek yang suka berbohong.

Jaga Gengsi dan Cari Aman
Wah, ketahuan dech! Ternyata cowok sering berbohong kalau mau pergi sama temannya, karena takut dilarang ceweknya (soulmate-nya). Namun, banyak kaum Adam yang nggak memberikan statement bahwa nggak Cuma cowok yang suka bohong, banyak banget cewek yang menipu di luar sana (kenyatannya).
Kalau menurut buku Why Men Lie and Women Cry karya Allan dan Barbara Pease, cowok remaja biasanya nggak suka dilarang karena jiwa mereka masih bebas. Tapi, karena nggak mau ribut sama pacar atau temennya, mereka akhirnya berbohong dech supaya ceweknya tenang dan nggak berantem. Nah pasangan Pease ini juga memberikan alasan cowok berbohong, yaitu demi menjaga gengsi atau nama baik. Misalnya, dia sudah terlanjur atau dicap sebagai cowok yang liar dan brandalan. Namun, karena pacarnya terkenal sebagai cewek baik-baik, akhirnya dia berusaha berperan sebagai cowok manis supaya terlihat baik di depan pacarnya.
Hmm, kalau diambil kesimpulannya sih, itu artinya cowok Cuma ingin membuat kita bahagia. Caranya saja yang kadang di luar aturan dan tidak kita mengerti. Mungkin mulai sekarang kita bisa bersikap lebih santai dan percaya kalau dia pergi bareng gank-nya. Nggak usah deh berperilaku over-protective. Karena ketika seorang cewek menjadi seorang temen cowok, cewek itu bukan mama mereka. Toh, seharusnya dia sudah bisa membedakan yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri. Kalaupun ternyata belum bisa, dan akhirnya menderita akibat kesalahan tersebut, anggap saja ini adalah proses yang harus dia lewati. Dan semoga hal itu membuat dia cowok jadi lebih dewasa dan lebih baik. Iya, nggak?(Yuliana Sari/SUPEL)

No comments:

Send Your Message To My EmaiL....

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):