Sep 11, 2008

Ketika Menulis Menjadi Hobiku


Ini nih hasil wawancara saya sebagai wartawan pelajar Harian umum radar Sulteng, kepada seorang alumni SMAN 5 Palu yang sekarang tercatat sebagai Mahasiswi FKIP Pend. matematika Universitas Tadulako Palu.


Hi… hi…pha kabar semuanya. Kembali lagi yach ke rubrik Supel Radar Sulteng kali ini. Ini nich ada kesan n’ pesan dari sahabat kita yang sedang berbahagia, karena memenangkan lomba artikel yang diusung Radar Sulteng tempo hari..
Selamat yach kepada Pujiati Sari, siswa SMAN 5 Palu kelas XII IPA 1, yang telah meraih 2 kejuaraan sekaligus dalam lomba penulisan artikel guru Favorit dengan tema : Bagaimana Cara Membuat Guru Kita Profesional. Dua kejuaraan yang telah diraihnya yaitu artikel terbaik I yang berjudul “Guru Umar Bakri Kini dan Akan Datang” dan artikel terbaik II yang berjudul “Engkaulah Pelita Hati”. Telah nampak sangat jelas kebahagiaan-kebahagiaan dari wajahnya sejak diterimanya kabar bahwa Ia memenangkan lomba artikel itu dan berhak menerima sebuah unit laptop tentunya
Mau tahu apa kata hati dan kesan-pesan darinya? Simak aza yach!
“Duh….nggak nyangka banget dech bisa keluar sebagai pemenang, apalagi bisa menyabet 2 kejuaraan. Memang niat saya tidak setengah-setengah dalam mengikuti ajang perlombaan ini. Saya sangat berupaya sekali untuk bisa mendapatkan hadiahnya. Tapi bukan sekedar ingin memiliki hadiahnya loch, melainkan saya ingin mengasah kemampuan saya, sebenarnya saya mampu atau tidak dalam menulis artikel. Karena tidak semua orang bisa membuat artikel dengan mudah, harus butuh pemahaman yang mendalam tentang seluk beluk penulisan artikel.
Berbagai macam usaha yang saya lakukan untuk bisa memenangkan lomba tersebut. Saya tetap menyusun beberapa artikel, meskipun saya berada di kelas ujian (kelas XII), karena tinggal beberapa hari lagi saya akan melaksanakan Ujian Nasional (UN), ketika saya menyusun artikel-artikel saya itu.
Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan yang sebesar-besarnya kepada:
Pertama, Allah SWT yang telah meridhai segala usaha saya. Kedua, Kedua Orang tua saya tercinta. Pihak penyelenggara (Radar Sulteng) dan segenap suporter-suporter yang telah menyelenggarakan lomba penulisan artikel/opini tersebut. Saya mengucapkan terima kasih yang tak terkira nilainya kepada pihak SMAN 5 Palu yang telah memberikan dukungan dan arahan, serta motivasinya kepada saya. Khususnya Bapak Asri Djalil, S.Pd yang telah memberikan masukan-masukan dalam pembuatan artikel saya. Pesan saya kepada teman-teman khususnya di Kota Palu, janganlah berhenti menulis, baik itu menulis artikel, menulis curhatan hati di diary, dan lain-lain. Karena dengan menulis, ternyata banyak mendapatkan banyak faedah dan rezeki. Ini juga merupakan kata-kata yang diyakini Pak Asri Djalil, selaku guru bahasa Indonesia saya. Dan Itu telah terbukti, yaitu pada hal yang saya alami sendiri. Hanya dengan menulis sebanyak 3 lembar kertas HVS, saya bisa mendapatkan laptop. Rezeki yang saya dapatkan ini, akan menjadi motivasi saya untuk bisa berkarya lebih banyak lagi, karena ini merupakan langkah awal saya menuju kesuksesan dalam penulisan karya-karya tulis saya lainnya”. Itulah kata hati seorang siswi yang patut kita ikuti jejak keberhasilannya, yang ia tuliskan sendiri di kantor redaksi Radar Sulteng, pada (2/5) pukul 15.00 WITA. (Yuliana Sari_Supel)
dokumentasi : Yuliana Sari
Foto : Pujiati Sari (yang diwawancara)

No comments:

Send Your Message To My EmaiL....

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):